MAKALAH SOFTWARE
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
· BAB I
o Pendahuluan :
§ Latar Belakang
§ Tujuan
· BAB II
o Pembahasan :
§ Pengertian Software
§ Sejarah Perkembangan Software
§ Jenis Software
§ Fungsi Software
§ Tipe Software
§ Sistem Operasi
· BAB III
o Penutupan
o Daftar Pustaka
KATA PENGANTAR
Bismillahhirrohmanirrohim.
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat
Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah
yang berjudul “Software Komputer”.
Makalah ini diajukan untuk memenuhi
tugas mata kuliah FTI. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh
karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi
bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan
peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
BAB I
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Software komputer menjadi bagian yang
sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan
komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor
yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis
membantu kita mengerjakan pekerjaan – pekerjaan olah gambar,
ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan
olah multimedia. Saat ini sangat banyak software yang beredar
dimasyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan
software mana yang akan kita pakai. Berbagai jenis software dapat
kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa
mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad,
Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau
juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk
desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit
Architecture untuk desain rumah atau bangunan.
Selain itu banyak lagi jenis software
lain yang bisa kita temukan di artikel software computer seperti
software untuk memutar atau membuat file multimedia, software untuk
menghitung, software pengenal wajah, dan software-software
lainnya.dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya
saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft
Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk
kebutuhan menulis.Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta
merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam
evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam
kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di
Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat
perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun
kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak
ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang
ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh
Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly
oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman
Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin
sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya
berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan.
Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak
ditemukannya computer elektrik yang menerapkan system aljabar
boolean.
B. Tujuan
1. Untuk mengetahui perkembangan
software dari dulu hingga saat ini.
2. Meningkatkan ilmu pengetahuan
dalam bidang perangkat computer khususnya tentang software.
3. Untuk mengetahui jenis dan
macam tipe software agar dapat dimanfaatkan lebih baik lagi.
4. Memajukan daya pola pikir kita
untuk lebih inovatif dan creatife dalam bidang software.
5. Agar kita mampu menciptakan
suatu trobosan terbaru dari software.
BAB II
1) PENGERTIAN SOFTWARE
Pengertian software secara harfiah
adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku
software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software
adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter
dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini
merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,
maupun dokumen serta arsip lainnya.
Selain itu, software juga merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah
suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui
perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data
yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal,
di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini
mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti
oleh mesin komputer.
Dalam arti yang paling luas, software
komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu
acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap sebagai software
dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang
telah direkam di atas kaset atau compact disc (CD), data di atas
kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.
Software adalah komponen dalam data
processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain
untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk
menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien
antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan
sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk
mengoperasikan komputer dan peralatannya.
SISTEM INFORMASI
Fungsi Utama Sistem Operasi
(a) Menyimpan program dan aksesnya.
(b) Membagi tugas di dalam CPU.
(c) Mengalokasikan tugas-tugas
penting.
(d) Merekam sumber-sumber data.
(e) Merekam memori sitem termasuk
menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data.
(f) Memeriksa kesalahan sistem.
(g) Multi-tugas pada OS/2”, Windows
‘95”, Windows ‘98”, Windows NT” / 2000 / XP.
(h) Programs
Memelihara keamanan sistem, khusus pada
jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
Hardware
Operating System
Gambar Fungsi Sistem
Operasi
Contoh software sistem operasi adalah
:MS-DOS, Windows (mulai dari versi awal hingga Windows XP), Macintosh
System 7, UNIX, Taligent/Pink, OS/2, S/36 SSP (mainframe), OS/400 dan
saat ini lagi gencarnya promosi sistem operasi LINUX.
Istilah-istilah dalam Sistem Operasi
v Multiprogramming
Suatu metode yang memungkinkan dua buah
program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer
dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan.
v Multiprocessing
Suatu kemampuan sistem operasi yang
menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan
menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer.
v Timesharing
Suatu metode yang dipakai sistem
operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan
proses yang dibuatnya.
v Multitasking
Suatu kemampuan yang memungkinkan
seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama.
v Penyimpanan Virtual
Metode yang menangani sejumlah program
dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang
lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap
proses yang ditaruh dalam memori utama per satu waktu.
v Utilitas (Utility)
Penggolongan utilitas menurut tugas :
- Pencadangan (backup)
Menyalin program atau data yang
terdapat pada harddisk komputer ke suatu peranti pentimpanan
eksternal
- Pemulih data
Melakukan perbaikan atau pemulihan data
yang rusak secara fisik.
- Anti virus
Menangani penularan virus dalam
komputer.
- Virus :
penggalan kode yang dapat mengendalikan
dirinya sendiri dengan cara menyalin kode dan menempelkannya ke
berkas program yang dapat dieksekusi
- Kompresi data
Upaya yang dilakukan pemakai komputer
dengan tujuan agar berkas yang berukuran besar dapat disimpan dengan
ukuran yang jauh lebih kecil.
- Defragmentasi.
Upaya untuk menghilangkan fragmentasi.
- Fragmentasi :
keadaan yang membuat bagian dari
berkas-berkas pada harddisk atau disket tidak berada pada lokasi yang
bersebelahan
- Pemformat disk
Tindakan yang dilakukan untuk
menyiapkan disket atau harddisk agar bisa digunakan untuk menyimpan
data atau program
2) EVOLUSI SOFTWARE
Evolusi software secara garis besar
diklasifikasikan menjadi era belum adanya computer dan setelah adanya
computer. Sebelum adanya computer dibagi menjadi era primitive dan
era mekanis. Sedangkan pada era setelah adanya computer, evolusi
software mengikuti evolusi hardware komputer itu sendiri.
· Era software sebelum adanya
komputer diklasifikasikan menjadi dua era yaitu :
o Era primitive (± 300 SM) di mana
software dibuat dengan melakukan petunjuk-petunjuk sederhana dengan
menggunakan kode gerak sejenis semaphore.
o Era Mekanis (1840-1930-an) yang
diterapkan pada peralatan Anatycal Engine dan pemakaian mesin kartu
plong (punch card).
· Era software setelah adanya
komputer yang berarti menggunakan teknologi elektronis, dibagi
menjadi era pioneer, era stabil, era mikro, dan era modern.
o Era pioneer (1940-1960) bentuk
software masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Cirri-ciri lain dari era
pionir ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch),
distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
o Era Stabil (1960-1980) komputer
sudah diproduksi secara massal dan software sudah bisa menjalankan
beberapa fungsi proses secara kelompok (multitasking). ciri lain yang
dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multiuser)
secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan
secara terpisah, sudah menggunakan system database.
o Era Mikro (1980-1990) software
diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan
tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan
untuk kebutuhan pribadi (home), bersifat otomasi untuk kecerdasan
buatan (artificial intelligent).
o Era Modern (1990-?) memiliki ciri
software berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi
objek, system pakar, pemrosesan parallel, dan dapat berkomunikasi
dengan jaringan global.
Berdasarkan perkembangannya perangkat
lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat
lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan
dengan perangkat kerasnya.
Era Stabil Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti
dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
Era Mikro Sejalan dengan semakin
luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga
berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat
di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung
oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di
dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern Saat ini perangkat lunak
sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer
dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi
dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
· Tingkat kecerdasan yang
ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal
suara dan gambar.
3) SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE
Perangkat lunak sebelum komputer
generasi pertama
300 sm : penggunaan obor sebagai signal
untukmengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa yunani
1842 : Ada Augusta, penulis perangkat
lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
1933 : Wallace J. Eckert menggabungkan
beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
1945 : Kutu yang pertama
Menurut sejarah perkembangan bahasa
pemograman software dari generasi pertama hingga saat ini ,berikut
ini penjelasannya :
a. Bahasa generasi pertama
Pada awalnya, program yang digunakan
untuk menjalankan komputer masih menggunakan bahasa mesin (machine
langu`ge) atau dikenal dengan bahasa generasi pertama (first
generation language). Contohnya perintah 1101011010010010 diartikan
sebagai perintah ADD, sedangkan urutan selanjutnya 10010010 diartikan
sebagai data 52H (hexadesimal). Perintah yang berupa bahasa mesin
benar – benar menggambarkan penambahan secara digital yang harus
dilakukan microprosessor. Namun penggunaan bahasa mesin ini masih
membutuhkan suatu alat untuk menerjemahkan bahasanya atau disebut
juga dengan interpreter, sehingga kecepatan eksekusinya masih sangat
lamban karena sebelum melaksanakan eksekusi program terlebih dahulu
harus diterjemahkan. Bahasa Mesin inilah yang disebut bahasa tingkat
rendah (low level language).
b.Bahasa generasi kedua
Selain bahasa mesin, masih ada bahasa
rakitan (assembly language) atau dikenal dengan bahasa generasi kedua
( second generation language). Bahasa rakitan hampir mirip dengan
bahasa mesin, hanya penulisannya sudah berupa sesuatu yang dapat
dibaca, misalnya perintah ADD 52H. Bahasa rakitan disamakan dengan
bahasa tingkat rendah karena masih dibutuhkan suatu penerjemah untuk
dapat menjalankan perintahnya atau dikenal dengan Assembler language.
Penggunaan bahasa tingkat rendah ini menimbulkan kesulitan bagi
orang-orang awam yang baru belajar komputer karena bahasa tingkat
rendah merupakan bahasa yang hanya dimengerti oleh komputer dan
programnya itu sendiri, sehingga orang – orang awam akan mengalami
kesulitan untuk mengerti bahasanya.
c. Bahasa generasi ketiga
Untuk menanggulangi masalah tersebut,
dibuatlah bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti COBOL,
FORTRAN, PL/I, PASCAL, BASIC dan ALGOL. Program ini disebut juga
bahasa generasi ketiga. Pada generasi ini muncul istilah procedure
oriented programming dan problem oriented language. BASIC dan PASCAL
disebut procedure oriented karena penulisan programnya sesuai dengan
aturan yang ada. Sedangkan COBOL dan FORTRAN termasuk kedalam prombem
oriented. Sejalan dengan dibuatnya bahasa tingkat tinggi tersebut,
dibuat pula sistem operasi (operating system) untuk memudahkan orang
menjalankan komputer pertama kali. Sistem operasi yang dibuat dengan
nama DOS (disk operating system ), seperti PC-DOS, MS-DOS, dan
DR-DOS.
Pembuatan bahasa tingkat tinggi
dimaksudkan agar belajar komputer lebih mudah, karena bahasa yang
digunakan adalah bahasa sehari-hari, seperti GOTO, PRINT, COLOR,
LOCATE, dan lain-lain, sehingga program ini lebih cepat dibandingkan
bahasa tingkat rendah karena bahasa tingkat tinggi dapat langsung
dijalankan (RUN) tanpa harus melalui penerjemah atau interpreter.
Bahasa tingkat tinggi dapat dibuat dalam bentuk executable (extention
COM atau EXE) dengan menggunakan compiler. Yang dimaksud dengan
executable adalah suatu program yang tidak bergantung pada program
induknya, misalnya dibuat program dengan bahasa BASIC dengan nama
latihan 1, program tersebut jika tidak dibuat executable akan
ber-extention BAS (latihan1.bas). Apabila program tersebut akan
dijalankan, anda haru menggunakan program induknya (BASIC) lalu
dijalankan (RUN) latihan1 dengan menggunakan compiler. Namun apabila
program tersebut dibuat executable akan menjadi latihan1.exe dan
dapat dijalankan langsung dengan memanggil program tersebut.
d. Bahasa generasi keempat
Bahasa generasi keempat (fourth
generation language) atau 4GL dibuat untuk memungkinkan seorang
programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa yang harus
dilakukan. Bahasa generasi keempat tidak mementingkan urutan
instruksi program yang dibuat seperti pada bahasa generasi ketiga,
yakni pembuatan program yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku
atau non procedural. Pembuatan bahasa generasi keempat ini ditujukan
untuk memudahkan pengguna pada proses pengambilan keputusan, seperti
kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan bahasa ini. Contoh bahasa
generasi keempat antara lain : FOCUS, RPG, MANTIS, MARK V, DYNAMO,
GASP, IFPS, SLAM, SIMSCRIPT dan MODEL.
e. Bahasa generasi kelima
Dalam beberapa literatur tidak membahas
adanya generasi kelima, tetapi disini dianggap bahwa generasi kelima
adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada expert system. Expert
system dibuat untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu
program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contohnya LISP dan
Prolog.
Sejalan dengan kebutuhan manusia,
dibuatlah program-program lain yang siap digunakan (program paket).
Program paket ini dibuat untuk memudahkan pengguna komputer dalam
menyelesaikan tugas-tugasnya. Adapun program yang digunakan masih
under DOS atau dijalankan dengan menggunakan sistem operasi DOS (Disk
Operating System). Program paket tersebut antara lain :
- Program spreadsheet, seperti
lotus 123
- Program wordprosessing,
seperti wordstar dan wordperfect
- Program database, seperti
Dbase II, Dbase III+, dan Dbase IV
Pada tahun 1980-an merupakan perubahan
era penggunaan komputer dengan diciptakannya program Windows 3.1 oleh
Bill Gates berkebangsaan Amerika, dibawah naungan perusahaan
Microsoft Corporation. Pembuatan program Windows 3.1 merupakan era
dimana orang-orang dapat menggunakan program komputer dengan mudah
dan dapat menggunakan dua, tiga atau lebih program sekaligus dalam
satu waktu atau yang dikenal dengan multitasking. Program Windows 3.1
disempurnakan dengan dikeluarkannya program Windows 3.11 yang mana
dalam program tersebut ditambahkan fasilitas untuk keperluan
jaringan. Program Windows 3.1 dan 3.11 masih menggunakan sistem
operasi DOS.
Berikut adalah beberapa
contoh dari bahasa pemograman :
v BASIC (Beginner’s All Purpose
Symbolic Instruction Code)
Dikembangkan tahun 1965.
Tergolong bahasa serbaguna.
Keunggulan :
Ø mudah untuk dipakai. Namun mulai
ditinggalkan karena berbentuk interpreter.
Kecepatannya pun lambat. Tidak
mendukung operasi bilangan yang kompleks dan penanganan terhadap
berkas sangat terbatas
Ø Contoh Bahasa Basic yang banyak di
pasaran :
§ BASICA
§ MBASIC
§ TURBO BASIC
§ TRUE BASIC
§ QUICK BASIC
§ POWER BASIC
§ VISUAL BASIC
§ Dll.
v FORTAN (Formula Translator)
Dikembangkan tahun 1956, untuk
mempermudah pembuatan aplikasi matematika, ilmu pengetahuan, dan
teknik.
Merupakan very high level language
pertama yang diciptakan.
Keunggulan :
Ø mampu menangani perhitungan
bilangan kompleks
Kerugian :
Ø Operasi masukan/keluaran yang
sangat kaku
Kode sumber lebih sulit dipahami
Ø Contoh Bahasa Fortan :
§ FORTAN II
§ FORTAN IV
§ WATFTIV dan WATFOR
§ MS-FORTAN
§ FORTAN 77
§ Dll.
v COBOL (Common Business Orieted
Language)
Dikembangkan tahun 1959, temasuk very
high level language.
Mempermudah pembuatan aplikasi di
bidang bisnis.
Keunggulan :
Ø Tak tergantung mesin
Ø Syntaksnya menggunakan kata-kata
bahasa inggris
Ø Penanganan terhadap berkas sudah
tersedia, dan bahkan mendukung bermacam-macam tipe berkas.
Ø Penangannan masukan/keluaran mudah
dilakukan
Kerugian :
penulisan program yang sangat kaku dan
terkesan bertele-tele.
Ø Contoh Bahasa Cobol :
§ COBOL 60
§ COBOL 80
§ MS COBOL 1.0 s/d 3.0
§ Dll.
v PASCAL
Dibuat tahun 1971.
Keunggulan :
Ø Kemudahan untuk dipelajari
Ø Dukungan fungsi-fungsi matematika
yang sangat lengkap
Kelemahan :
Ø tidak mendukung operasi bilangan
kompleks
tidak mendukung sarana untuk aplikasi
bisnis
Ø Contoh Bahasa Pascal :
§ UCSD Pascal(Univeesity of
California at San Diego)
§ MS Pascal
§ Turbo Pascal (dengan berbagai
versi)
§ Dll.
v C Language
Ø Contoh Bahasa C
§ Tiny C
§ Small C
§ C 80
§ Turbo C
§ Dll.
v Prolog (Program in Logic)
Dikenalkan oleh IBM tahun 1963.
Untuk menangani pemrosesan data bisnis
maupun perhitungan.
Hanya dikenal di lingkungan IBM
Ø Contoh bahasa Prolog :
§ MicroProlog
§ TurboProlog
§ Dll.
v RPG
Merupakan bahasa pemrograman generasi
ketiga, yang populer di mainframe maupun mini komputer.
Kemampunnya memudahkan pemrograman
dalam membuat laporan bisnis.
Dikenalkan tahun 1964
v APL
Bahasa pemrograman generasi ketiga,
diciptakan tahun 1962.
Menggunakan keyboard khusus yang berisi
simbol yang memungkinkan untuk melakukan penyelesaian matematika yang
kompleks
v LOGO
Bahasa yang ditujukan khusus untuk
membantu anak-anak dalam menyelesaikan masalah dan melakukan
pemrograman.
Dibuat MIT tahun 1967.
Mudah digunakan untuk membuat gambar
v FORTH
Diciptakan tahun 1971.
Untuk menangani tugas-tugas kontrol
secara waktu-nyata (real time) maupun untuk aplikasi bisnis dan
grafis.
Keunggulan :
1. Kemampuan memproses yang sangat
cepat
2. Memerlukan sedikit memori
Tersedia pada berbagai platform
v ADA
Dikembangkan tahun 1975.
Dibuat sebagai standart bagi seluruh
aplikasi di Departemen Pertahanan Amerika
Mendukung pemrograman terstruktur,
penyembunyian informasi, tipe data abstrak, dan pemrosesan parallel
v C
Diciptakan tahun 1972.
Mampu menggabungkan kemampuan
pengendalian mesin berlevel rendah dan struktur data dan struktur
kontrol yang berlevel tinggi.
Kelebihan :
- sifat portabilitas
- cepat dan efisien
- pemanipulasian data dalam
bentuk bit dimungkinkan
Kelemahan :
- banyak pemrogram menganggap
sulit dipahami dan dipelajari
- tidak ada dukungan untuk
aplikasi bisnis
v C++
Berorientasi objek.
Menggunakan kaidah bahasa C
v DBASE
Berorientasi basis data yang mengawali
adanya DBMS.
v JAVA
Dibuat tahun 1995.
Berorientasi objek dan serbaguna.
Kode Java dikompilasi dalam format yang
disebut bytecode.
v LISP
Untuk aplikasi kecerdasan buatan.
v PROLOG
Untuk aplikasi kecerdasan buatan.
Penerjemah Bahasa
Assembler
Program yang digunakan untuk
menterjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke dalam
bahsa mesin
Kompiler
Program penerjemah yang mengkonversikan
semua kode sumber selain bahasa dalam bahasa rakitan menjadi kode
objek.
Keuntungan :
1. Pengerjaan instruksi dilakukan
dengan cepat.
2. Kode objek dapat
didistribusikan ke komputer lain tanpa perlu menyertakan kode sumber
dan kompiler.
Kerugian :
1. Seluruh kode sumber harus benar
secara syntax agar program bisa diuji.
Interpreter
Program yang menterjemahkan per satu
instruksi dalam kode sumber dan kemudian segera menjalankan instruksi
yang telah diterjemahkan tersebut..
Kelebihan :
v Kemudahan mencari kesalahan
senadainya program menghasilkan sesuatu yang dianggap salah ketika
program dijalankan.
Kerugian :
v Kode sumber harus tersedia
v Kecepatan eksekusi menjadi lambat
karena setiap kali instruksi akan dijalankan perlu diterjemahkan dulu
4) JENIS SOFTWARE atau PERANGKAT
LUNAK
Software atau perangkat lunak computer
berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu
software berbayar, software gratis atau free (freeware, free
software, shareware, adware).
n Software Berbayar
Software berbayar merupakan perangkat
lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna
yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara
membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikan. Pemgguna yang
menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk
menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada
penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya adalah system
Microsoft windows, Microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain.
n Software Gratis (Freeware)
Freeware atau perangkat lunak gratis
adalah perangkat lunak computer berhak cipta yang gratis digunakan
tanpa batasan waktu. Berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan
tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang
perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”,
namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang
dan memiliki control terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga
didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis,
tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan
mail client dan Mozilla news, juga didistribusikan di bawah GPL(Free
Software)
n Free Software
Free software dikenal juga sebagai
Freed Software, Liberated Software (software libre) atau FRS (freely
redistributably software). Kata "FREE" disini bukan berarti
bebas tanpa aturan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan
namun semua itu ada aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh
pengembang dan penggunanya. Persyaratan tersebut tertuang dalam
lisensi yang digunakan oleh Free Software. Jadi bukan berarti Free
Software tidak berlisensi. Pada akhirnya timbul kesalahpahaman bahwa
layanan yang diberikan dengan menggunakan Free Software itu tidak
boleh dikomersilkan alias harus selalu gratis. Ini yang sering
menyebabkan pengadopsian Free Software dalam suatu model bisnis yang
dapat diterima menjadi sulit. Sebagai contoh rekan-rekan yang menjual
CDROM berisi GNU/Linux GPL dianggap juga membajak dan tidak etis
(padahal yang dilakukan adalah menjual layanan penyalinan dan menjual
media CDROM tersebut).
n Shareware
Jenis yang kedua adalah shareware.
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam
jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai,
pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software
tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi
software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang
hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti
freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan
shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software
tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware
ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Beberapa contoh software dalam kelompok
ini adalah :
Ø Pengolah Kata (Word Processor)
Program paket ini dapat membuat
komputer berfungsi sebagai mesin ketik elektronik yang canggih.
Jenis dari pengolah kata yang terkenal, antara lain:
- WordStar
- Word Perfect
- Multimate
- Microsoft Word
- Turbo Sprint, dll.
Ø Pengolah Angka (Spreadsheet)
Dengan program ini komputer
berfungsi sebagai kertas kerja yang dapat melakukan perhitungan
secara otomatis. Adapun jenis dari spreadsheet yang cukup
terkenal seperti:
- Lotus 123 (dengan berbagai versinya)
- Supercalc
- Symphony
- FrameWork
- Quattro
- Microsoft Works (Spreadsheet)
- Microsoft Excel (dengan berbagai
versinya)
- dan lain-lain
Ø Pengolah Data (DataBase)
Program ini dapat membuat komputer
mengolah data dalam bentuk file secara mudah, rapi, dan cepat dalam
hal penempatan dan manipulasinya. Yang termasuk program aplikasi ini
antara lain:
- dBase (dengan berbagai versinya)
- Oracle
- FoxBase
- DacEasyBase
- FoxPro
- Visual FoxPro
- dan lain-lain
Ø Pembuat Artikel (Publisher) atau
lazim disebut software Desktop Publishing
Dengan paket ini komputer dapat
berfungsi sebagai mesin editor untuk membuat majalah, koran, ataupun
berbagai bentuk artikel lainnya. Yang termasuk dalam paket program
ini antara lain:
- Ventura Publisher
- Aldus PageMaker (dengan berbagai
versinya)
- Adobe PageMaker (dengan berbagai
versinya)
- Corel Draw (dengan berbagai versinya)
- Aldus FreeHand (dengan berbagai
versinya)
- Harvard Graphics
- dan lain-lain
Ø Animasi
Program paket yang dapat membuat
animasi berupa gambar ataupun tulisan, dengan berbagai fasilitasnya
(warna, bergerak, dan lain-lain). Contoh-contoh program animasi
adalah sebagai berikut:,
Story Board , Show Partner
dr Hallo, Fanta Vision
Cartooner, Disney Animation Studio
Tempra Pro, Assymetric Toolcox,
Animator Studio
Macromedia Flash, Director
dan lain-lain
Ø Statistik
Program yang digunakan untuk mengolah
data-data statistik.
Contoh-contoh program ini adalah:
- My Stat
- Micro Stat
- Statplan
- SPSS
- MathLab
- dan lain-lain
Ø MULTIMEDIA
Program Audio
- Utility Sound Card
- Goldwave
- Cakewalk Pro Audio -- Midi
- Sound Forge
- dan lain-lain
Program Video
- Adobe Premiere
- Deputy Soft
- Video Edit
- Mpeg Player
- dan lain-lain
Program Image Editing
- Photo Styler
- Image Styler
- Photo Finish
- Adobe PhotoShop
- dan lain-lain
Program 3D Animation
- 3D Studio Max
- Crystal Topas
- Infinidy
- dan lain-lain
Bab III
PENUTUP
I. Kesimpulan
Perkembangan software dari masa ke masa
selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat
yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada
zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai mesin hitung
matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini
terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang
industri dan penelitian.
Software bisa juga berarti sebagai alat
penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage,
kecerdasan logika matematikanya yang sangat spesial membuatnya mampu
menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine
pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat
perhitungan-perhitungan umum.
Diantara banyak teknologi informasi
yang hampir kita temukan di setiap tempat, kita bisa menemukan
software. Sekarang software sangat berkembang pesat, hampir setiap
tahun software selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan
komputer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan di tempat
lainnya. Sedangkan model dan desain dari software itu sendiri juga
mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan
komputer, maka penggunanya hanya bisa di menggunakan komputer di
kantor atau di rumah. Sedangkan saat ini pengguna komputer bisa
menggunakan komputer di mana saja yang mereka inginkan.
Demikian yang dapat kami paparkan
mengenai materi software yang menjadi pokok bahasan dalam makalah
ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena
terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada
hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para
pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun
kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi
penulis pada khususnya, juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
II. Saran
Untuk kemajuan teknologi komputer, maka
diharapkan agar perkembangan komputer mampu mengubah pola pikir dan
menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan
inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya
yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi
komputer dan softwarenya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan
sebenarnya yang mampu mempercerdar bangsa, bukannya untuk
menghancurkan moral bangsa.
Kemajuan software komputer di masa
mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia
sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat,
karena di masa depan teknologi akan semakin canggih dan semua
pekerjaan dikerjakan dengan sistem komputerisasi.
Daftar Pustaka
Ø http://www.wikipedia.com
Ø
http://en.wikipedia.org/wiki/Software
Ø Syamsuardi, 2004, Teknologi
Informasi & Komunikasi, Jakarta, Penerbit Erlangga
TERIMAKSIH BUAT INFO NYA
BalasHapushttp://nurdianaputripangkuan.blogspot.com/
BalasHapuslebih komplit isinya
BalasHapusTerimaksih blog ini sangat membantu saya memahami belog teknologi informasi ini dan sangat berguna bagi saya dan sangat bermanfaat dan jangan lupa kunjungi website kami www.atmaluhur.ac.id
dan jangan lupa kunjungi website kami website kami www.atmaluhur.ac.id dan blog saya 2809satnight.blogspot.com